Jumat, 15 Oktober 2010

rain “Jika Ingin Diingat Orang, Saya Harus Melakukan Yang Terbaik”

Dalam sebuah buku yang pernah dibaca Rain, terdapat sebait kalimat yang membuatnya terkesan. “Bagi orang yang telah menikmati sedikit kesuksesan, tetapi dia masih saja menoleh ke kiri dan kanan, arti kesuksesan baginya hanyalah sebagai kenikmatan yang sedikit!” Bagi Rain, kalimat itu memiliki makna yang cukup besar. Ingatan yang tidak akan pernah dilupakannya adalah saat sang ibu meninggal. Karena itulah, si ‘pembuat hujan’ ini juga menjadi sosok pahlawan dengan luka traumatik dan sinisme.

“Saat itu, jantungku tiba-tiba berdegup cepat...”

Setelah proses syuting Ninja Assasin selesai, apa yang kamu lakukan?
Sebelum film Ninja Assasin tayang, saya sibuk sekali. Setelah film itu ditayangkan pun, saya juga masih disibukkan dengan berbagai kegiatan promosi. Selain itu, saya juga menggelar tur konser dan menciptakan banyak kesempatan untuk bertemu para fans lagi.

Banyak kritik yang ditujukan untuk film Ninja Assasin di Korea, apakah kamu termasuk orang yang sensitif terhadap kritik?
Saya selalu memperhatikan semua kritik dan pendapat yang ditujukan padaku. Apabila saya mengatakan bahwa saya sama sekali tidak sakit hati karena kritik, itu bohong. Namun, menurutku semua kritik itu memiliki skala tertentu dan dapat menjadi sebuah emulsi yang dibutuhkan untuk proses pendewasaanku. Di lain sisi, saya juga menyadari kelemahanku. Ketika melihat kekurangan dalam diriku, maka saya merasa harus berusaha lebih keras lagi.

Apakah kamu pernah berpikir bagaimana seandainya dirimu tidak menekuni dunia hiburan seperti saat ini atau mungkin jika seandainya kamu lebih terkenal hanya dalam waktu singkat dibandingkan dengan sekarang?
Tidak, saya tidak pernah memikirkannya. Saya begitu menyukai panggung pertunjukan, kelak saya tetap akan berada di dunia akting dan menyanyi. Tentu saja, harus ada salah satu yang diutamakan, tapi saya tidak ingin salah satu dari kedua bidang ini lebih diutamakan karena semuanya adalah hobiku. Saat ini, saya adalah seorang aktor yang beruntung bisa mencoba berkarir di Hollywood.

Bagaimana rasanya ketika melihat nama Rain ada di layar premier film Ninja Assasin?
Ketika pertama kali menonton filmnya, saya berada di dalam sebuah studio yang dipersiapkan secara khusus oleh pihak Warner Bross. Biasanya saya bersikap tenang saat melihat film. Namun, disaat saya melihat nama ‘Rain’ muncul di dalam layar, kedua tanganku seketika seperti memiliki suatu kekuatan. Perasaaanku bercampur aduk antara haru, bahagia, emosi dan sebagainya. Saya sendiri kesulitan untuk menjelaskannya.

Bagaimana jika perasaan itu dibandingkan dengan saat-saat kamu debut pertama kali sebagai seorang penyanyi?
Keduanya tidak bisa dibandingkan. Sebagai seorang penyanyi, saat pertama kali tampil di atas panggung dan bertemu dengan penonton, saya bisa langsung merasakan reaksi mereka. Sedangkan saat tampil di layar kaca, saya bisa sedikit lebih tenang karena memiliki lebih banyak kesempatan untuk mempersiapkan diri. Namun, kedua momen tersebut sanggup membuat jantungku berdetak lebih keras, haha!

Setelah bermain dalam film ini, apa ada peran yang ingin kamu mainkan?
Ada! Saya ingin memerankan karakter seperti yang dimainkan Al Pacino. Karakter yang diperankannya dalam film itu terlihat sangat macho. Jika memang ada kesempatan, saya pasti mau memainkan peran seperti itu!

“Saya hanya seorang pria biasa...”

Apakah kamu tahu jika fans menjulukimu sebagai ‘tuan besar Rain’?
Benarkah? Haha! Mungkin mereka hanya bergurau saja? Menurutku, saya belum layak diberi julukan terhormat seperti itu. Di depanku, mereka selalu memanggil Ji Hyun atau Ji Hyun Oppa. Jika memang mereka tidak lagi memanggilku sebagai Yu atau Rain, mungkin julukan ‘tuan besar Rain’ itu hanya mereka gunakan di kalangan fans saja.

Grup idola cewek seringkali mendominasi sebagian besar Kpop. Kini, hampir seluruh pasar musik Korea dikuasai oleh grup idola. Seiring dengan bertambahnya umur, apakah kamu merasa jika suatu saat nanti tiba-tiba popularitasmu mengalami kemerosotan?
Sulit mengatakannnya, sampai saat ini pun saya belum merasakan hal itu. Yang mengherankan, sebagian besar orang yang menjadi fansku adalah golongan usia dewasa. Namun, setelah meluncurkan album ke-5 Rainism, saya melihat jika golongan usia fansku mengalami perubahan yang cukup besar. Saat promosi album kelima pun saya mendapati fans usia belasan tahun jadi lebih banyak. Namun, bagaimanapun juga saya harus berterima kasih kepada semua teman yang telah mendukungku.

Salah satu pernyataan MBLAQ tentang ‘Bapa’ sempat membuat heboh. Mendengar perbincangan itu, kami pun merasa sedikit malu, mengapa mereka memanggilmu sebagai ‘Bapa’?
Ketika mendengar hal itu, saya juga sempat ingin marah besar, hah! Tentu saya merasa tidak enak, saya hanyalah seorang senior dan kakak bagi mereka. Saat berada di dalam dunia musik, saya baru bisa mengeluarkan semua kemampuanku, menarik perhatian mereka, memperlihatkan usaha dan kerja kerasku sebagai seorang musisi. Sehari-hari saya hanya menjadi kakak yang biasa-biasa saja.

Suatu hari nanti Rain pasti akan menjadi seorang ayah. Apakah kamu pernah berpikir setelah berusia 50 tahun nanti, kamu akan menjadi seperti apa?
Pasti suatu hari nanti saya akan menjadi seorang ayah. Saya sering membayangkan ketika usiaku 50 tahun nanti, saya akan menjadi seperti apa. Walaupun bayangan seperti itu tampak sangat biasa, tetapi saya berharap suatu hari nanti bisa mempunyai istri segenit serigala dan anak-anak semanis kelinci. Kami akan hidup bahagia bersama, itulah yang sering kubayangkan. Setelah berusia 40-50 tahun, saya berharap masih bisa berada di atas panggung. Sambil terus melakukan pertunjukan, saya juga memiliki keluarga bahagia. Itulah cita-citaku.

Mungkin cita-citamu yang belum terwujud hanya cinta dan keluarga saja?
Benar, tapi cinta dalam berbagai kondisi terkadang juga bisa berubah menjadi suatu penyesalan. Sepertinya cinta tidak bisa sejalan dengan keinginan dan pilihanku. Namun saya yakin, pasti suatu hari nanti akan muncul seseorang yang cocok denganku. Jika ada orang yang seperti itu berada dihadapanku, tentu saya akan jatuh cinta padanya. Bukannya saya sengaja menggeser cinta ke satu tempat yang jauh, hanya saja untuk saat ini sepertinya belum waktunya bagiku untuk merasakan jatuh cinta.

ImageImage

Lakukan yang Terbaik

Apa akhir-akhir ini kamu sudah bisa tidur dengan baik? Di awal karirmu dulu, kamu hanya bisa tidur selama 1 sampai 2 jam saja.
Haha, sekarang ini juga masih tidak jauh berbeda. Pada dasarnya, saya tidak bisa tidur selama beberapa jam. Dari pada kalian mengatakan saya sengaja mengatur waktu tidur, lebih baik kalian mengatakan jika itu semua sudah menjadi kebiasaanku. Saat tidak tidur dan sibuk kerja, saya selalu merasa jika waktu tidurku semakin singkat, tetapi setiap kali berkesempatan untuk tidur, saya selalu tidur dengan nyenyak.

Apakah kamu pernah menyesal dengan kehidupan seperti ini?
Walaupun saya tidak tahu bagaimana kehidupan orang sukses lainnya, tetapi saya sangat menikmati kondisi hidupku yang seperti ini. Saya merasa sangat bahagia. Walaupun di mata orang lain hidupku terkesan tidak normal dan mengorbankan banyak waktu pribadi, tetapi ini adalah pilihanku sendiri. Saya bisa bertahan dengan semua ini dan juga tidak pernah menyesal dengan pilihanku.

Apakah kamu pernah merasa kalau dirimu ini merupakan orang bertalenta?
Sama sekali tidak! Haha, saya tidak punya waktu untuk menyombongkan diri. Saya hanya merasa kalau saya bisa mempelajari berbagai hal dengan cepat. Saya bisa menikmati kesenangan untuk mencoba berbagai tantangan baru.

Bagaimana seandainya jika suatu hari nanti semua tantangan ini membuahkan kegagalan yang cukup tinggi? Apakah kamu akan merasa sedih?
Kata gagal sangat tidak tepat ditujukan untuk semua tantangan ini. Sampai saat ini, saya belum pernah merasa jika apa yang saya lakukan selama ini bisa gagal. Hanya saja dalam mengerjakan semuanya, saya membutuhkan waktu yang cukup lama. Mungkin dalam beberapa momen tertentu, saya bisa melupakannya untuk sesaat. Saya tidak akan pernah memikirkan kalau diriku akan dilupakan, tetapi saya hanya berharap akan ada lebih banyak orang yang memperhatikanku. Di saat itulah saya harus tetap bekerja keras.

Menurutmu, melakukan hal terbaik memiliki makna seperti apa?
Tindakan terbaik seharusnya tidak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Istilah ‘paling baik’ ini juga tidak bisa disamaratakan bagi semua orang. Meski saya dilupakan dalam keadaan seperti apa pun, saya tetap akan melakukan yang terbaik. Saya terus berusaha untuk maju. Bagiku inilah yang terbaik.

Banyak yang menyayangkan meninggalnya Michael Jackson, apakah kamu juga berharap untuk bisa menjadi superstar sepertinya?
Saya ingin menjadi artis yang didambakan semua orang. Saya juga ingin menjadi penyanyi dan artis yang bisa senantiasa berkembang serta menjadi senior yang bisa diharapkan para junior. Jika saya ingin diingat orang, saya harus melakukan yang terbaik.



cre : asiangrup
copas :blog kbpk
via :: KBPK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read First and please respect

Arsip Blog

LIZLEMAGAZINE