Senin, 21 Maret 2011

10 Tempat Makan Enak di Seoul

1. Myeongdong Gyoja
Tempat makan mie paling terkenal di Seoul. Mereka punya kimchi rasa jahe yang spicy dan pedas, tapi katanya bikin orang balik lagi.
Ada Gyoja (pangsit), Calguksu (Mie), Konguksu (sup mie susu kedelai), dll.

Arah : Keluar di pintu no.5 Myeongdong Subway. Belok kiri di perempatan pertama (Woori Bank) dan belok kanan (Who A U Clothing Store)

Site : www.mdkj.co.kr

2. Jang-o-rang

Menunya : Belut BBQ
Biasanya sangat populer saat musim panas. Disajikan dengan macam2 saus, seperti soy BBQ sauce, chilli sauce, atau cuma dengan garam saja.
Jang-o-rang katanya adalah tempat terbaik untuk menikmati belut dan mereka juga punya keripik belut. Hmmm enakan mana ama keripik belut-nya Purwokerto ya hehehe
Mereka punya bokbunja, anggur raspberry manis.

Arah : Sama, keluar dari pintu no. 5 Myeongdong, belok kiri dan kemudian perempatan kedua, belok kanan. Jalan sepanjang jalan utama dan belok kiri lagi. Jalan ke perempatan besar dimana kita bisa melihat jalan masuk ke Universitas Hongdae (atau arah Univ. Hongdae aja) lalu ke kiri lagi dan jalan sampai ke gedung Samjin dan Jang-o-rang tepat di sebelah kanan jalan. (Orang Korea hobby jalan bener, kalo di Bdg dah cari angkot hehehe)

Jang-o-rang
1&2F, Samuk Building, 6-137, Changjeon-dong, Mapo-gu, Seoul
Phone : 02-333-1455
www.jangarang.com

3. Dukbokki/Tteokbokki di Mok Schwei Don Na

Ini rajanya Dukbokki di Samcheongdong. Nama restauran-nya artinya Makan, Santai, Bayar dan Pergi.
Di restoran ini selalu banyak orang antri, karena dukbokki-nya terkenal sausnya enak dan puedesss.

Ada 10 macam bahan seperti pangsit, mie, daging, seafood, keju, dll untuk membuat campuran dukbokki kita sendiri.

Arah : Anguk Station, pintu keluar no.1. Jalan lurus dan belok kanan di gedung Korean Travel Biro, lalu jalan sepanjang dinding batu. Ada di gang setelah Cafe Vangja.


4. Noryangjin Fish Market
Ini adalah pasar seafood terbesar di Seoul. Mau cari apa saja, selama itu masih bisa dikategorikan sebagai seafood, ada di sini.
Ada lelang ikan segar setiap pagi sekitar jam 5 pagi.

Arah : Naik subway line 1 atau 9 ke Noryangjin Station atau naik taksi dan bilang : Noryangjin su-san shi-jang (itu kata Daniel Gray lo...)


Tipikal pork yang dijual di Korea

5. Kwangjang Shijang - Jongno
Pasar macam-macam, mulai dari kosmetik, baju, sepatu, selimut, tanaman dan sebagainya.
Ada surga untuk wisata kuliner juga. Dari mie, ikan mentah/hwae, tumis kaki babi/jokbal, jeon, dll.

Arah : Subway Line 1 Jongno 5 (oh)-ga-station atau katakan Kwangjang shijang pada sopir taksi.


6. Hakatabunkko Ramen di Hongdae
Turun dari Far East Broadcasting Co dekat stasiun Sangsu, pasti akan menemukan antrian orang di depan kedai dengan tirai putih dengan tulisan Jepang.

Ada ramen enak. Bukan ramen gaya Jepang, tapi bisa dikatakan ramen Korea yang sempurna (kata mereka yang sudah makan hehe).
Keistimewaan-nya ada di kaldunya yang kaya. Kaldunya yang disebut kontotsu terbuat dari tulang babi yang di masak dengan api kecil selama berjam-jam.

Mie-nya lembut dan fresh. Dengan tauge, fatty roasted pork atau babi panggang, dan daun bawang.
Ramen ini disajikan dengan tambahan bawang putih kalau mau tambahan bawang. Biasanya pengunjung memasukkan bawang putih tumbuk dengan wijen untuk menambah cita rasa ramen.

Arah : Keluar dari Sangsu Station pintu 2 dan belok dekat Gedung Far East Broadcast dan masuk ke antrian pembeli. (Yah siapa tahu sembari antri ramen, ada artis lewat, kan dekat perusahaan Broadcasting)


7. Iga Panggang di Hongdae
Iga panggang-nya manis dan disajikan dengan macam2 saus. Ada yang dengan garam saja, spicy, dan lada hitam.

Arah : Keluar dari Hongdae station pintu 5, belok kiri. Jalan terus dan belok kanan lalu belok kiri. Jalan sekitar satu blok dan belok kiri ke jalan yang agak kecil. Akan terlihat tanda RIB's dengan huruf2 besar.
Telp : 02-325 3579

8. Hongik Sootbul Kalbi, dekat Universitas Hongik
Memang sudah dari sononya kalau di dekat kampus pasti ada makanan enak dan pastinya lebih murah :)

Sekitar pintu no.4 Hongdae ada satu restoran kalbi yang super sibuk karena mereka punya kalbi terbaik. Banyak orang antri untuk makan kalbi. Biasanya kalau sudah keluar dari resto ini, kita akan berbau seperti daging panggang.

Arah : Keluar dari pintu 5 Hongdae Station dan belok kanan. Lalu menyeberang dan belok kiri, resto ini ada di sudut jalan.
Telp 02-322-4487


9. Tosokchon-sekitar Gyeongbokgung Palace

Tempat ini menjual samgyetang paling terkenal di Seoul.
Ayamnya lembut, ginsengnya enak, dan kaldunya segar. Di dalam rongga ayam, ada angcao, kacang pinus, kacang ginko, bawang putih, dan nasi.

Arah : Berhenti di stasiun Gyeongbokgung di Subway line 3 dan keluar di pintu no. 2. Jalan lurus sekitar 5 menit.
Telp : 02-737-7444


10. Korean style buffet restaurant
Ada beberapa Korean buffet, biasanya disini ada banyak sekali masakan Korea. Yang terbaik ada di W-Hotel, Hyatt Hotel dan Marriot (iya jelas-lah kalo hotel2 ini hehe)
Ada juga buffet yang terkenal : Bono-bono di Samseongdong, C-food kitchen, Crazy Ocean, Muscus, dan Well-being Buffet

Tips untuk teman2 Muslim :
1. Biasanya makanan Korea banyak menggunakan pork atau daging babi, jadi hati-hati kalau mencari makan di Korea. Karena bisa saja menggunakan kaldu dari tulang babi (rasanya memang lebih gurih dan rich) atau minyak-nya.

2. Sebelum pesan, lebih baik tanya dulu apa bahannya, mengandung pork atau tidak. Atau pelajari dulu nama-nama makanan Korea dan bahannya, bisa dilihat disini.

3. Oya, di Korea jarang ada Musholla di tempat2 umum, jadi harus diantisipasi juga.

via, kadodrama
via: kbpkfamily

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Read First and please respect

Arsip Blog

LIZLEMAGAZINE