Minggu, 08 Agustus 2010

PERBEDAAN "eun/neun" (은/는) Dan "i/ga" (이/가)

Menulis itu gampang-gampang susah. Kadang ide begitu mengalir dan mudah untuk dituangkan dalam sebuah tulisan, namun seringkali beku selayaknya tertimbun salju kala musim dingin. Menulis yang menyenangkan adalah menuangkan, mengukir, meletakkan apa yang ada dalam pikiran kedalam barisan kata hingga mampu terbaca, bukan menulis ‘ karena’ atau ‘ sebab ‘.

Pembahasan mengenai 는/은 dan 이/가 pernah kita posting dulu, sekarang bagaimana memahami maksudnya saja.

Ada kalimat ” Saya pergi ke sekolah “, kata ‘saya’ bisa diterjemahkan kedalam bahasa Korea menjadi “저는 ( jeoneun ) ” dan bisa juga dipakai ” 제가 ” sehingga menjadi : 저는 학교에 가요 ( jeoneun hag gyoe gayo ) atau 제가 학교에 가요 ( jega hag gyoe gayo ).

1. Jika seseorang bertanya kepada Anda , ”누가 학교에 가요? ( nuga hag gyoe gayo ) = siapa yang pergi ke sekolah “ maka jawabnya adalah “저는 학교에 가요( jeoneun hag gyoe gayo )” = saya (yang ) pergi ke sekolah.

는 ( neun) di sini memberikan gambaran kata ‘ yang ‘ kalau dalam bahasa Indonesia.

2. Jika seseorang bertanya kepada anda ”어디에 가요? ( odie gayo )” = pergi ke mana? , maka jawaban anda adalah “제가 학교에 가요 ( jega hag gyoe gayo ) = saya pergi ke sekolah .

Catatan :
a. 저는 ( jeoneun ) adalah bentuk hormat dari 나는 ( naneun ), maka untuk membedakannya jeoneun diterjemahkan saya, sedangkan naneun diartikan ‘ aku ‘.
b. Partikel 는/은 (neun /eun ) disebut dengan penanda topik ( topic maker ), sebagaimana contoh di atas. bila kata yang ditandai itu huruf akhirnya vokal maka dipakai 는 ( neun ) , namun bila konsonan digunakan 은 (eun ).
c. 제가 ( jega ) adalah dari kata 저 + 가 ( jeo + ga ) , namun suatu ketika ia menjadi kata lain dari 저의 +가 ( jeoui+ ga ) = milik saya.
d. 이/가 ( i/ga ) adalah partikel penanda subyek . ketika huruf akhirnya konsonan, maka digunakan 이 ( i ) sedangkan bila huruf akhirnya vokal maka digunakan 가 ( ga ).
Untuk penjelasan rincinya, anda bisa mempelajari pembahasan masing- masing partikel 는/은 atau 이/가. Dibawah ini beberapa contoh sebagai bahan acuan belajar. Semoga bermanfaat.

Contoh-contoh :
1. . 이름이 뭐예요? 제 이름은 …..입니다 ( ireumi mwoyeyo? je ireumeun …….imnida ) = ” Siapakah nama anda ? Nama saya adalah …..
2. 처음 뵙곘습니다,저는 김인호입니다.( cheoeum boepgyessseumnida, jeoneun giminhoimnida )” apa kabar…( jumpa
pertama ) saya adalah Kim inho.
3. 우리 나라는 인도네시아 입니다 ( uri naraneun Indonesia imnida.) ” negara kita adalah Indonesia
4. 비가 와요 ( biga wayo ) ” hujan turun “
5. 철수는 남자이고 순회는 여자이다 (cheolsuneun namjaigo sunhoeneun yeojaida.).” cheolsu adalah laki-laki dan sunheo adalah perempuan “.



credits: ajussi Tazkiana via KLI 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read First and please respect

Arsip Blog

LIZLEMAGAZINE